Sebuah judul yang lebih tepat untuk Harvest Moon: Friends of Mineral Town lebih pasti Harvest Moon: Friends of Mineral Town for Girls. Bahkan, itulah yang variasi feminin ini Friends of Mineral Town dipanggil ketika dirilis di Jepang dua tahun lalu. Game ini bukan sekuel. Sebaliknya, dibutuhkan permainan yang berorientasi laki-laki asli dan switch jenis kelamin di sekitar. Grafis, audio, peristiwa (dan segala sesuatu yang lain) adalah identik dalam dua pertandingan, tapi baru sekarang, pemain mengendalikan seorang gadis petani bukan seorang anak petani dan pengadilan suami masa depan, bukan masa depan istri.
Harvest Moon adalah sim pertanian. Anda akan sampai lapangan, bercocok tanam, beternak, dan menikmati hiburan seperti Frisbee lempar dan menunggang kuda.
Harvest Moon: Friends of Mineral Town Lebih paling tepat digambarkan sebagai pertanian role-playing game. Suatu hari, karakter Anda memutuskan untuk meninggalkan kota besar dan membeli sebuah peternakan kumuh. Tujuan Anda adalah untuk bekerja kembali ke kelimpahan. Anda akan melakukan ini terutama dengan menabur ladang, menanam tanaman, dan memelihara ternak, tapi sepanjang jalan Anda juga akan berinteraksi dengan penduduk setempat, belajar bagaimana memasak, menggali bijih dan harta dari tambang di dekatnya, dan berpartisipasi dalam pertemuan komunitas. Anda bahkan akan mendarat suami dan melahirkan seorang anak, jika Anda memilih untuk melakukannya.
Mengelola tanaman dan ternak adalah jantung dari setiap pertandingan Harvest Moon. Bidang perlu dibersihkan dan digarap, benih harus ditanam dan disiram, dan hewan harus dibeli, dikawinkan, dan dirawat. Karakter Anda memiliki semua alat yang tepat untuk mendapatkan pekerjaan ini dilakukan - palu, kapak, cangkul, sebuah penyiram, sabit, dan pancing. Dengan berjalannya waktu dan Anda menambahkan ternak untuk peternakan Anda, Anda akan mendapatkan alat-alat baru, seperti kuas, alat pemerah susu, alat pancing, dan lonceng menelepon. Dalam RPG tradisional, Anda secara bertahap akan meng-upgrade mantra karakter Anda dan armor dari waktu ke waktu. Di sini, Anda dapat meng-upgrade perangkat Anda dan real estate. Alat tingkat keuntungan ketika Anda menggunakannya, yang pada gilirannya membuat mereka lebih efektif. Anda juga dapat mengambil uang yang anda peroleh dari menjual tanaman dan meletakkannya terhadap pembelian upgrade ke rumah, gudang, dan kandang ayam. Memperbesar gudang dan kandang ayam akan memungkinkan Anda untuk mengurus lebih kuda, sapi, domba, dan ayam. Sementara itu, rumah dapat diperluas dan diisi dengan furnitur dan peralatan. Bahkan ada beberapa gaya jendela dan kotak surat untuk memilih dari.
Menggunakan alat-alat dan melakukan tugas-tugas cukup sederhana. Untuk menggunakan alat, menekan atau tahan tombol B. Untuk mengambil item, seperti selada atau sepotong bijih, Anda menekan tombol A. Untuk drop item ke dalam bin pengiriman, Anda berjalan ke itu dan tekan tombol A. Untuk berbicara dengan orang, Anda juga menekan tombol A. Tentang satu-satunya waktu tindakan membutuhkan lebih dari satu tombol tekan adalah ketika Anda perlu untuk menukar item dalam persediaan Anda atau berpartisipasi dalam sebuah minigame. Ada jam waktu berjalan yang membatasi apa yang dapat Anda capai setiap hari, namun. Anda juga harus melacak tingkat stamina karakter Anda, yang tetes setiap kali Anda menggunakan salah satu alat Anda. Jika turun apa-apa, dia akan pingsan selama beberapa jam. Mudah, Anda bisa mendapatkan kembali stamina dengan mengonsumsi makanan.
Dengan uang yang Anda hasilkan dari pertanian, Anda dapat menambahkan ke rumah Anda dan mengisinya dengan perabot dan peralatan.
Waktu jam kadang-kadang mengganggu, karena membatasi berapa banyak yang dapat Anda capai di pertanian setiap hari, tapi itu juga dimanfaatkan dengan baik menduplikasi musim dan memicu acara khusus. Untuk setiap 10 detik secara real time, 10 menit lewat di alam semesta permainan. Pada sekitar 09:00 di malam hari, Anda harus menempatkan karakter Anda ke tempat tidur, atau dia akan kesiangan keesokan harinya. Waktu tidak maju saat Anda berada di dalam struktur atau berpartisipasi dalam Minigames, yang besar karena Anda dapat berbicara dengan orang, membuang waktu, dan ambil beberapa barang tanpa memotong ke waktu pertanian Anda.
Berapa lama satu hari berlangsung cukup banyak terserah Anda. Jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda merawat tanaman, hari-hari biasa hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit untuk menyelesaikan. Jika Anda pergi ke gudang untuk susu sapi Anda, kepala ke kota untuk berinteraksi dengan penduduk desa, atau masuk ke dalam tambang untuk menggali bijih, Anda dapat dengan mudah meregang satu hari menjadi 20 atau 30 menit waktu bermain. Setiap musim berlangsung sekitar 30 hari di waktu permainan, dan jenis benih yang Anda dapat menanam dan peristiwa yang terjadi di sekitar kota bervariasi, tergantung pada musim apa Anda masuk Selama jangka panjang, daun dan perubahan cuaca, dan hewan akan mendapatkan lebih besar dan menjadi tua. Setahun penuh dapat mengambil mana saja dari 10 sampai 60 jam secara real time untuk menyelesaikan, yang memberikan permainan nilai replay hampir tak terbatas karena tidak ada batasan pada jumlah tahun Anda bisa bermain.
Selain merawat pertanian, ada banyak untuk dilihat dan dilakukan di dan di sekitar Mineral Town. Anda dapat pop ke toko-toko dan rumah-rumah di desa dan berinteraksi dengan penduduk setempat. Setiap toko memiliki jam sendiri terbuka dan hari libur, dan penduduk desa semua memiliki rutinitas sehari-hari individu. Anda akan melihat mereka nongkrong di jalan, menuju ke pekerjaan mereka, atau bersantai di nongkrong favorit mereka di regular, ditunjuk kali. Beli bola karet atau Frisbee dan Anda dapat memainkan mengambil minigame dengan anjing Anda. Sepanjang tahun, ada festival untuk mengambil dan kompetisi untuk masuk, yang melibatkan Minigames bertema balap kuda, melempar Frisbee, ayam sumo, dan perawatan hewan. Sebuah keluarga sprite panen tinggal di sudut timur laut desa. Ada tiga tombol menumbuk gaya Minigames untuk bermain di rumah mereka. Para Minigames meningkatkan kemampuan pertanian mereka, yang batu, karena Anda dapat menyewa sprite untuk cenderung peternakan Anda ketika Anda ingin mengambil waktu istirahat.
Balap kuda adalah salah satu dari sedikitnya 20 Minigames berbeda. Anda bisa bertaruh atau berpartisipasi.
Interaksi sosial juga merupakan kesepakatan yang cukup besar. Pendapat orang individu Anda akan berubah tergantung pada seberapa sering Anda berbicara dengan mereka, apa yang Anda katakan kepada mereka, dan jenis hadiah yang Anda berikan kepada mereka. Hadiah makanan sangat signifikan terhadap penghuni Mineral Town. Setelah Anda menginstal dapur dan membeli semua peralatan masak yang diperlukan, Anda akan dapat mencampur, menggabungkan, dan masak lebih dari 100 resep yang unik hanya dengan menggabungkan tanaman Anda panen dengan barang yang dibeli dari toko-toko di kota. Semua orang suka koki yang baik, terutama bujangan kota. Ada delapan laki-laki muda dan sangat memenuhi syarat yang tinggal di kota, dan dengan memberi mereka hadiah dan berbicara dengan mereka, Anda bisa menyalakan hubungan yang pada akhirnya akan menghasilkan satu pelamar asmara muncul pertanyaan. Anda akan melihat banyak cutscenes berorientasi pada hubungan sepanjang jalan, yang berpuncak pada perayaan pernikahan meriah. Seorang bayi akan bergabung rumah tangga beberapa tahun setelah itu, dan Anda akan mendapatkan untuk menonton itu tumbuh dari tot berdaya menjadi balita dewasa sebelum waktunya. Itulah sejauh mana siklus hidup permainan, namun, seperti suami Anda tidak akan pernah mati dan junior tidak akan pernah tumbuh dewasa dan meninggalkan rumah, tidak peduli berapa tahun Anda bermain. Tak satu pun dari mereka pernah membantu keluar dengan tugas-tugas, baik.
Selain swap gender yang mencolok, Harvest Moon: Friends of Mineral Town lebih identik dengan yang rekan anak petani, Harvest Moon: Friends of Mineral Town. Banyak dialog ditulis ulang, tetapi jika tidak, Natsume hanya membuat sedikit perubahan sedikit dalam dua tahun menjelang permainan saat ini. Penambahan terbesar adalah kolam ikan di luar rumah, yang memungkinkan Anda menyimpan ikan untuk nanti, dan cermin di dalam rumah, yang memungkinkan Anda mengubah menjadi pakaian yang berbeda. Konektivitas GameCube adalah, sekali lagi, didukung. Jika Anda link Harvest Moon: Friends of Mineral Town Lebih hingga GameCube pasangannya, yang disebut Harvest Moon: Another Wonderful Life, Anda akan membuka sejumlah bonus keren di game GBA, termasuk karakter GameCube yang mengunjungi kota GBA Anda, rekor pemain yang memungkinkan Anda mengubah musik latar belakang, dan sebuah pondok pantai.
Peristiwa hubungan yang berbeda membiarkan Anda tahu bagaimana pacaran Anda maju.
Sekarang, karena game ini secara teknis berusia dua tahun, tidak menggunakan visual terbaru dan terbesar atau audio yang kita lihat baru-baru ini dalam RPG seperti Fire Emblem dan Riviera. The kecil, karakter sprite jongkok tidak memiliki banyak dalam cara animasi, kecuali untuk berjalan, dan warna-warna yang dicuci dan kusam. Ada jumlah sedang detail jelas di latar belakang, terutama dalam bagaimana warna pohon-pohon dan rumput perubahan sepanjang musim. Latar belakang mencerahkan dan menggelapkan perubahan daylight sepanjang hari, yang adalah sentuhan yang bagus. Jadi adalah jejak kaki Itty Bitty bahwa karakter meninggalkan di salju selama musim dingin. Dengan cara yang sama, audio tidak menghancurkan bumi, tetapi cukup menyenangkan. Ada lagu-lagu tema yang berbeda untuk tempat-tempat seperti pertanian, hutan, desa, dan gua-gua ... dan mereka berubah tergantung pada waktu hari dan musim. Efek suara yang berbeda digunakan untuk menggambarkan cuaca, seperti angin, hujan, dan salju. Selain itu, sampel suara digital memberikan hewan dalam permainan kemampuan untuk "kulit," "moo," "gak," dan sebaliknya memanggil ketika Anda berinteraksi dengan mereka.
Salah satu dugaan adalah sebaik apapun mengapa Natsume menunggu dua tahun untuk merilis versi perempuan-gender Friends of Mineral Town. Setelah semua, Teman Lebih dari Mineral Town hanyalah permainan asli dengan pemeran utama wanita dan pelamar laki-laki. Ini dikatakan, permainan masih memegang dengan baik.